Kamis, 02 April 2020

Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha






 Salam semua para wirausahawan, di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang "Pentingnya Strategi Organisasi dalam Berwirausaha" pada artikel ini kita akan membahas tentang "Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha" artinya kita akan mendiskusikan tentang barang atau jasa yang kita tawarkan untuk siapa ? Bagaimana pemasaran terbaik untuk bisa sampai ke target konsumen kita ?

  Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion),mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. Sehingga kita harus mempunyai Strategi Pemasaran antara lain :
Penelitian dan Pengembangan Pasar
 
Keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferinsiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya. Hal ini penting meskipun barang atau jasa yang ditawarkan sama tetapi kita harus menawarkan perbedaan dengan perusahaan yang lain. 

Produk
  Kita harus membuat suatu produk berbeda dengan perusahaan yang lain. Hal ini dapat menjadi suatu pakem pada perusahaan kita dimata konsumen, seperti mudah dikenal dan digunakan oleh konsumen, Disain produk harus kreatif dan berfungsi dengan baik. 

Tempat
  Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan dan efisien. Dengan desain toko yang menarik, etalase yang berbeda serta distribusi barang ke konsumen mudah. 

Harga
  Penentuan harga memang cukup penting untuk bersaing dengan perusahaan lain, bukan berarti dengan harga murah kita akan mendapatkan konsumen dengan banyak. Tetapi kita harus membuat harga yang sesuia dengan nilai dari barang tersebut.

Strategi Pemasaran
  adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang-barang dan jasa-jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha-usaha penjualan dan penjualan. Dengan cara meningkatkan penjualan dengan produk yang baru atau mencarai pasar yang baru. 

Promosi
  Promosi merupakan cara berkomunikasi kan barang-barang dan jasa yang akan ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli. Ada beberapa jenis promosi, yaitu sebagai berikut :
 a. Periklanan, 
b. Promosi Penjualan, 
c. Wiraniaga,
 d. Pemasaran Iangsung,
 e. Humas.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar